body { font: normal normal 12px 'Roboto', sans-serif; color: #000000; background: #FFF none repeat scroll top left; } .header-button { display: block; height: 60px; line-height: 60px; background: #010048; }

Pengertian I'tikaf dan Amalannya

Dianjurkan untuk melakukan I’tikaf. Hal ini tidak dilakukan kecuali didalam masjid tempat sholat berjamaah. Lebih diutamakan masjid jami’,...

Dianjurkan untuk melakukan I’tikaf. Hal ini tidak dilakukan kecuali didalam masjid tempat sholat berjamaah. Lebih diutamakan masjid jami’, bila I’tikaf dilakukan pada hari-hari jum’at.


I’tikaf boleh (sah) dilakukan tanpa berpuasa, tetapi akan lebih utama jika disertai puasa. Sebab, hal itu akan lebih memfokuskan himmah (maksud) dan lebih membantu mengekang nafsu. Ini lebih sesuai dengan asal katanya. 

I’tikaf merupakan pengekangan nafsu ditempat tertentu, menetapi sesuatu, dan bersikap terus menerus (mudawamah). Sebagaimana Allah berfirman, “ Patung-patung apakah ini yang kamu tekun beribadah kepadanya?” (QS. Al-Anbiya’: 21;52)

I’tikaf merupakan salah satu sunah yang diwariskan Nabi Muhammad SAW. Dan para sahabatnya. Sebab Nabi Muhammad SAW., beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadlan dan senantiasa melakukan itu hingga Allah mewafatkannya. 

Para sahabat menyunahkan hal itu, dengan berkata, “barangsiapa yang ingin melihat beri’tikaf, hendaklah beri’tikah pada sepuluh terakhir di bulan Ramadlan.” (riwayat yang menyebutkan tentang I’tikaf Nabi SAW., pada akhir bulan adalah hadits Aisyah Ra., “Bahwa Nabi SAW., beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadlan.” *HR. Bukhori,3/62,63, Muslim pada bab Al-I’tikaf, hadits (1,5), Ahmad 5/141.)

Selama I’tikaf seyogianya menyibukan diri dengan perbuata-perbuatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT., seperti membaca Al-qur’an, membaca Tasbih, Tahlil,Takbir, dan bertafakkur, serta menjauhi semua perbuatan maupun omongan yang tidak berguna. Memilih diam selain berdzikir kepada Allah SWT.
Di perbolehkan juga mengkaji dan membaca Al-Qur’an. Yang demikian ini kemanfaatannya dapat juga dirasakan oleh orang lain. Ini lebih besar pahalanya daripada orang yang hanya menyibukkan diri dengan dirinya saja.

Dalam beri’tikaf juga diperbolehkan keluar dari tempat i’tikaf jika ada hal-hal yang mengharuskannya, seperti mandi, jinabat, makan dan minum, memenuhi hajat seperti buang air besar atau kecil, atau ketika ia merasa khawatir terjadinya fitnah, terserang sakit yang parah atau yang lain. (Al-Gunyah Li Thalibi Thariq Al-Haq Azza Wa Jala, Syaekh Abd. Qadir Al-Jailani)



KOMENTAR

BLOGGER: 1
Loading...

Nama

#LTN NUJaktim,3,#Pagarnusa #Nahdlatululama,3,AGAMA,65,AKIDAH,5,FIQH & USHUL FIQH,17,GALERI MAJELIS,1,HADIST dan ILMU HADIST,7,Hikmah,49,HUMOR,7,ISLAM,11,KHUTBAH,11,Kumpulan Sholawat,5,NAHWU SHOROF,3,Nasional,6,OPINI,42,Pendidikan,58,PSIKOLOGI AGAMA,26,RENUNGAN,30,SEJARAH,52,TASAWUF,21,TEKNOLOGI,2,TENTANG CINTA,10,TERJEMAHAN KITAB KUNING,1,ULUMUL QURAN,9,USHUL FIQH,4,WARTA,9,WARTA FOTO,15,WARTA JAKARTA,31,WARTA NASIONAL,229,Warta NU,65,WARTA POLITIK,29,Wisata Alam,2,WISATA RELIGI,1,
ltr
item
ramahNUsantara: Pengertian I'tikaf dan Amalannya
Pengertian I'tikaf dan Amalannya
ramahNUsantara
http://ponpesariwani.blogspot.com/2011/04/pengertian-itikaf-dan-amalannya.html
http://ponpesariwani.blogspot.com/
http://ponpesariwani.blogspot.com/
http://ponpesariwani.blogspot.com/2011/04/pengertian-itikaf-dan-amalannya.html
true
3253109472015871150
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts BACA LAINNYA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Ramah NUsantara Ramah NUsantara Halaman Postingan Baca Semua BACA JUGA BERITA Ramah NUsantara ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
--- Kirimkan Artikel Anda Melalui email ramahnusantara@gmail.com ----