RamahNUsantara, Pemalang - Boleh berdebat, bila bertujuan mencari kebenaran dan tidak menimbulkan permusuhan atau saling menjatuhkan....
RamahNUsantara, Pemalang - Boleh berdebat, bila bertujuan mencari kebenaran dan tidak menimbulkan permusuhan atau saling menjatuhkan.
- Al Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah :
جَدَلٌ - التَّعْرِيفُ: ١ - الْجَدَل لُغَةً: مُقَابَلَةُ الْحُجَّةِ بِالْحُجَّةِ، وَالْمُجَادَلَةُ: الْمُنَاظَرَةُ وَالْمُخَاصَمَة
Debat atau jadal adalah membandingkan satu dalil pada dalil yang lain. Mujadalah adalah perang fikiran dan permusuhan
الْجَدَل قِسْمَانِ: مَمْدُوحٌ وَمَذْمُومٌ.
Debat terbagi dua : Terpuji dan tercela
أ - الْجَدَل الْمَمْدُوحُ: ٥ - يَكُونُ الْجَدَل مَمْدُوحًا شَرْعًا إِذَا قُصِدَ بِهِ تَأْيِيدُ الْحَقِّ، أَوْ إِبْطَال الْبَاطِل، أَوْ أَفْضَى إِلَى ذَلِكَ بِطَرِيقٍ صَحِيحٍ.
Debat yang terpuji adalah jika bertujuan menguatkan kebenaran atau menyalahkan perkara yang batil dangan cara yang benar.
ب - الْجَدَل الْمَذْمُومُ: ٦ - الْجَدَل الْمَذْمُومُ هُوَ كُل جَدَلٍ بِالْبَاطِل، أَوْ يَسْتَهْدِفُ الْبَاطِل، أَوْ يُفْضِي إِلَيْهِ، أَوْ كَانَ الْقَصْدُ مِنْهُ التَّعَالِيَ عَلَى الْخَصْمِ وَالْغَلَبَةِ عَلَيْهِ، فَهَذَا مَمْنُوعٌ شَرْعًا، وَيَتَأَكَّدُ تَحْرِيمُهُ إِذَا قَلَبَ الْبَاطِل حَقًّا، أَوِ الْحَقَّ بَاطِلاً.
Debat tercela adalah setiap berdebatan dalam hal kebatilan atau bertujuan agar menang dari lawan debat. Keharaman debat jadi kuat jika bertujuan memutar balikkan kebenaran atau kebatilan.
وَقَدْ يَكُونُ الْجَدَل مَكْرُوهًا إِذَا كَانَ الْقَصْدُ مِنْهُ مُجَرَّدَ الظُّهُورِ وَالْغَلَبَةِ فِي الْخُصُومَةِ.
Jika debat hanya bertujuan agar dipuji dan menjadi terkenal dan mengalahkan lawan debat maka hukumnya makruh. (Ust.Ghufron Bkl, Ust.Ahmad Birrbick, Ust.Opick, Ust.Muhsin/ Piss KTB)
KOMENTAR